Uncle Jhon Roaster

Proses roasting adalah satu tahap vital dalam membuat coffee specialty. Selain perkara keahlian roaster, mesin sebagai alat bantu roaster punya peran penting.Uncle Jhon Roaster

Beruntung di Indonesia mulai muncul pembuat mesin roasting. Apa yang dilakukan Wiliam Edison dan Froco Roastery sangat perlu diapresiasi oleh pebisnis kopi di Indonesia. Mereka membangun dignity baru sebagai bangsa produsen kopi; jangan merasa nyaman tertinggal dari bangsa lain. Semoga antusiasme serupa segera muncul di produsen alat-alat seduh.

Hari jumat lalu wikikopi berguru ke salah satu artisan pembuat mesin roasting. Namanya Johny Rahadi, dia memproduksi mesin roasting dengan merek ‘Uncle Jhon Roaster’.

Kami diterima hangat di workshop kecil yang menyatu dengan rumah tinggalnya di daerah Kedoya, Jakarta Barat. Di sini dia mengawasi langsung pembuatan mesin ukuran kecil kelas specialty coffee roaster. Untuk mesin ukuran industri dikerjakan di workshop yang berada di daerah Parung, Bogor.

Johny mengawali bergiat di kopi dari kebun. Tahun 1992 dia mengelola kebun kopi di Provinsi Timor Timur–yang kini telah merdeka menjadi Timor Leste. Dari kegiatan kebun mengantarkannya belajar proses roasting untuk bisa berhenti diakali para buyer. Curiosity mengantar Johny belajar membuat mesin, hingga kini.

Johny punya keresahan pada bagaimana bangsa ini menghargai dirinya, yang berefek juga pada bagaimana bangsa ini mengapresiasi kopi. Bulan Agustus nanti wikikopi akan berkolaborasi dengan Johny Rahadi untuk bikin serangkaian kegiatan di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>