Logika Pangan

Dalam melakukan pendampingan ke petani kopi, wikikopi tak hanya melakukan perbaikan kemampuan teknis pengelolaan kebun dan proses pascapanen. 20150303183130

Aktivitas wikikopi di petani kopi pastinya berada dalam konteks kesejahteraan mereka. Kesejahteraan bukan melulu perkara pemasukan, tapi juga perkara pengeluaran. Bila aspek pengeluaaran (belanja) petani kopi belum logis, perbaikan pemasukan bisa tak ada artinya.

Salah satu masalah nonteknis kebun kopi yang hampir dipastikan selalu ada di petani kopi tradisional adalah perkara logika pangan.

Hampir semua petani kopi merupakan penggarap kebun atau ladang. Mereka tak memiliki sawah untuk ditanami padi. Tetapi mereka pemakan nasi yang didapat dengan cara membeli. Wikikopi sering menemukan petani yang menghabiskan separoh pendapatannya untuk belanja pangan.

Setiap petani termasuk petani kopi perlu sadar bahwa kodrat mutlak petani adalah tak perlu beli untuk kebutuhan pangan.

Tingginya ketergantungan petani kopi terhadap nasi perlu diakhiri dengan mengenalkan asupan lain yang bisa mereka tanam sendiri. Di Indonesia bisa tumbuh 76 tanaman pangan bahan pokok selain padi, yang minimal salah satunya bisa ditanam di wilayah manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>