Kopi Dan Maag

Kopi bisa bikin sakit maag? Jawabnya bisa. Karena kopi adalah minuman yang bersifat asam yang bisa memicu produksi asam lambung. Asam lambung berfungsi untuk membantu proses mencerna makanan. jalan depan wikikopi

Antisipasi untuk ini sebenarnya mudah; pastikan saat minum kopi perut dalam keadaan terisi. Bila perut kosong asam lambung ini bisa menggerus dinding lambung dan bikin luka atau tungkak lambung.

Tingkat keasaman kopi masih lebih rendah bila dibandingkan dengan rerata jus buah atau minuman bersoda. Kita perlu membedakan keasaman secara kimia dan keasaman perkara sensasi di lidah. Minuman yang berasa lebih asam di lidah belum tentu akan lebih asam bila diukur menggunakan ph meter.

Untuk yang sudah terlanjur sakit maag, minum kopi bisa dilakukan dengan sebelumnya makan pisang. Pisang dapat mencegah kelebihan asam dan mengurangi produksi asam lambung.

Tapi sebenarnya maag lebih banyak disebabkan oleh infeksi lho, terutama karena bakteri. Maag bisa juga nongol karena stres, nikotin ataupun reaksi autoimune; gangguan respon kekebalan tubuh.

Ada pula yang percaya kopi yang diproses dengan baik tak mempengaruhi asam lambung, asal minumnya tidak dicampur gula. Bisa jadi ada benarnya juga. Secara empiris banyak specialty coffee enthusiast yang lambungnya sama sekali tak terganggu meski minum kopi di pagi hari.

Selamat ngopi, jangan lupa makan, jangan sampai stress :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>