Komoditi Dan Specialty

Di ranah dagang, kopi dibagi jadi 2 jenis; commodity coffee & specialty coffee. Kopi specialty sederhananya adalah produk kopi yang ditujukan untuk para spesialis kopi. Semua tahapan yang untuk menghasilkan kopi dilakukan dengan kaidah yang baik. grading komoditi dan specialty

Kaidah yang diperhatikan ini bisa dari pengelolaan kebun, panen, proses paska-panen, roasting hingga penyeduhan. Di tahapan kebun, para spesialis kopi akan lebih apresiatif bila kopi dihasilkan dari kebun monokultur (menggunakan 1 varietas kopi). Panen hanya petik buah kopi merah. Dan seterusnya.

Sedangkan commodity coffee adalah kopi yang ditujukan untuk kebutuhan industri, untuk memenuhi sebagian besar segmen peminum kopi. Kwalitas kopi komoditi digolongkan menjadi 6 grade tingkat mutu berdasarkan nilai cacatnya. Kita kenal dengan kopi grade 1, kopi grade 2, hingga kopi grade 6.

Misal kopi grade 1 nilai cacat maksimumnya adalah 11. Jumlah nilai cacat dihitung dari uji petik (sample) seberat 300 gr. Ada beragam kondisi yang akan diakumulasi sebagai nilai cacat. Misal tiap nemu 1 biji kopi yang berwarna hitam, nilainya akan berkurang 1. Menemukan 1 biji dengan kulit tanduk yang masih menempel, nilai berkurang setengah (1/2).

Di kopi komoditi ada proses yang dinamai dengan grading, artinya memisah-misahkan kopi berdasar kwalifikasinya supaya lebih banyak kopi yang didapat untuk dijual dengan grade yang lebih tinggi.

Proses grading tak dikenal di kopi specialty. Tiap biji cacat di kopi specialty akan dibuang. Ada proses yang mirip proses grading yakni proses sizing, menggolongkan biji berdasar ukuran biji kopi. Ukuran yang seragam akan memudahkan roaster mendapatkan profile roasting yang optimal menggali potensi rasa si kopi.

Harga kopi komoditi ditentukan oleh bursa komoditas. Di situ berlaku hukum permintaan dan penawaran. Sedangkan harga kopi specialty ditentukan oleh kesepakatan penjual dan pembeli berdasarkan rasa kopi. Lazimnya jual beli kopi specialty didahului oleh penilaian proses cupping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>