Kenapa Direct Trade?

Kesejahteraan petani kopi sudah menjadi keprihatinan banyak orang. Bisa jadi kehidupan petani kopi terpikirkan saat van Denventer merancang kebijakan politik etis awal tahun 1900-an. Juga terpikirkan para penggagas konsep fair trade di Solidaridad–LSM internasional asal Belanda–saat melansir label fair trade yang pertama, Max Havelaar pada akhir tahun 1980-an.

Direct Trade Kopi

Direct Trade Kopi

Direct trade sering dijelaskan sebagai penyederhanaan atas konsep fair trade. Realisasi fair trade di lapangan sama sekali tak mudah dan tak murah. Sertifikasi fair trade tak bisa dimulai hanya oleh satu atau dua orang petani, karena kudu diawali dengan keberadaan lembaga koperasi. Jadi perlu ada minimal 20 orang petani yang berserikat membentuk koperasi terlebih dahulu.

Biaya untuk memproses sertifikasi ini pun lazim tak terjangkau oleh petani yang jadi sasaran program. Alhasil, dalam proses sertifikasi fair trade perlu ada pemodal yang terlibat. Merekalah yang seringkali kemudian memperoleh porsi terbanyak perbaikan harga jual kopi paska-sertifikasi.

Ide direct trade sesederhana pelaku usaha di hilir berinteraksi dengan produsen di hulu. Pemilik cafe ataupun micro-rostery membeli langsung dari petani. Interaksi mereka dilakukan secara langsung tanpa ada lagi tengkulak, pengepul, perusahaan exportir-importir besar ataupun lembaga-lembaga sertifikasi. Pembeli bisa langsung memastikan kondisi lapangan langsung di kebun.

Sayangnya di Indonesia ide sederhana ini juga punya hambatan; masih jarang petani yang paham pengelolaan kebun, panen dan proses paska-panen kopi yang baik. Pasar kopi di Indonesia juga belum terbentuk. Jarang ada orang Indonesia yang mampu mengapresiasi kerja keras petani kopi. Di sinilah peran yang wikikopi ambil; menjadi inisiator terjadinya direct trade. Membangun sistem perdagangan kopi yang memuliakan nilai kualitas, keadilan, transparansi dan keberlanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>